Rabu, 30 September 2009

BUDI DAYA GURAME, IKAN KOMERSIAL, ENAK DIKONSUMSI


Gurami (osphronemus gouramy) merupakan salah satu ikan air tawar yang mudah dipelihara, hidup di air yang tenang. Habitat asli gurami adalah rawa dataran rendah yang berair dalam. Usaha pemeliharaan gurami akan lebih produktif jika dilakukan didataran rendah yang beriklim panas. Jika Anda sewaktu waktu berkunjung ke daerah Ciamis Jabar akan didapati pemeliharaan gurami yang diusahakan oleh petani petani peternak ikan. Hasil gurami dapat dipasarkan dalam bentuk benih dan ikan ukuran konsumsi.

Prospek pemasaran gurami sangat baik tidak saja dipasar tradisional, rumah makan Sunda, rumah makan China, tetapi juga sudah meluas kepasar modern seperti Hipermart, Carefour dan Supermarket lainnya. Untuk ukuran konsumsi gurami mulai dipasarkan bobot 100 gr.

Di Jawa, gurami dikenal dengan nama gurami, gurameh, brami. Di daerah Sumatra, Kalimantan, gurami dikenal dengan istilah kalui, salui, kalua, kalau dan klawe. Daerah penyebaran gurami sudah meluas meliputi Thailand, Sri Langka, Malaysia, Australia, Cina, India dan Indonesia. Sistem pemasaran gurame sebaiknya dikemas dalam keadaan hidup, paling effektif langsung dari produsen ke konsumen atau pengecer.

Jalur pemasaran oleh produsen ke konsumen dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu memiliki kios dipasar, menjual langsung ke konsumen, restoran penyedia ikan gurame atau melalui pesanan keluarga. Analisis usaha ikan gurami dapat dibedakan berdasarkan bobot ikan awal yang dipelihara, sistem pemeliharaan, dan jenis pakan yang diberikan.

Perlu diberitahukan bahwa budidaya ikan gurami pernah diulas dalam tabloid Peluang Usaha, edisi No. 22/ Thn 1/ 16 Juli 2007 pada rubrik sektor dengan judul “Usaha Ikan Air Tawar" budidaya Gurami merupakan prospek yang menguntungkan, keuntungan menjual bibit gurami diatas 80%, resiko kematian hanya 5% (Peluang Usaha, Surat Pembaca hal 3, 05-8 Juni 2009)

Bagi pemula yang ingin terjun dibidang usaha gurami, dapat mulai mengenal dari buku-buku perpustakaan perihal gurami atau magang ke petani ikan didaerah Anda atau kalau
mau coba bisa mulai dari usaha kecil kecilan. Selamat mencoba dan berusaha. Semoga sukses menyertai Anda. Informasi ini diberikan sebagai perkenalan dari Divisi Perikanan Heri Group (Sumber bacaan : Zulkifli Jangkaru, Seri Agribisnis, ”Memacu Pertumbuhan Gurami, edisi revisi,2007, Penebar Swadaya, Depok).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar