Minggu, 07 Maret 2010

Bisnis Makloon



Jasa Makloon Adalah Jasa Pembuatan Produk Oleh Pihak Lain
Makloon berasal dari bahasa Belanda yang juga biasa disebut dengan istilah CMT (Cut Make Trim) merupakan usaha jasa pembuatan produk, baik secara penuh atau satu bidang kerja saja. Misalnya pada produk fashion, pihak makloon bisa melakukan keseluruhan proses dari cutting bahan hinngga tahap finishing. Bahakan ada juga jenis makloon yang hanya menerima satu jenis pekerjaan saja, misalnya hanya memasang payet, bordir, jahit, atau membuat kerah saja. Di Indonesia penerapan makloon telah banyak berkembang pada industry-industri non pangan seperti industry alas kaki, garment, dan saat ini mulai merambah ke industry pangan.

Usaha Apa Saja Yang Bisa Menggunakan Jasa Makloon
Usaha yang biasa menggunakan jasa makloon diantaranya: usaha tas, kaos, jeans, jaket, baju seragam, sprei, dan sepatu. Namun usaha-usaha lain pun bisa dimakloonkan bila si produsen telah mengetahui potensi pasar dari barang yang akan dijual.

Kerjasama Usaha
Cara kerjasama yang paling baik antara pihak makloon dengan pengguna makloon (biasanya disebut produsen), antara lain terlebih dahulu produsen meminta data kelengkapan makloon (fotocopy KTP, asal tukang jahit, bidang pekerjaan yang dilakukan serta alamat plus nomor kontak). Setelah itu produsen bisa meninjau langsung lokasi mereka. Jika sudah benar-benar yakin akan melakukan kerjasama, barulah dibuat surat kontrak perjanjian kerja. Hal tersebut bertujuan supaya ketika terjadi penipuan atau kecurangan, bisa membawa kasus ke pihak berwajib.

Control Kwalitas Kerja
Untuk menjaga kwalitas kerja pihak makloon dapat dilakukan dengan membuat contoh barang yang dipesan, misalnya produsen mengadakan kontrak produksi 1000 pasang sepatu bisa dibuat satu pasang dulu contoh, apakah cocok dengan pesanan produksi.
Kriteria makloon yang berkwalitas baik yakni jika dari dari sekian banyak orderan, terjadinya barang cacat hanya sebanyak 0,5% (misalnya dari 200 pcs produk yang dibuat, yang retur karena rusak hanyalah 1 pcs).

Proyeksi Keuntungan
Proyeksi keuntungan dari produksi dengan system makloon sekitar 20 hingga 30%, keuntungan akan bertambah kita banyak pesanan terutama menjelang hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri.

Beberapa Lokasi Pusat Makloon
Beberapa lokasi pusat makloon ada di Jakarta, Depok, Tanggerang, Bogor, Bandung, Yogyakarta.

Read More: http://mekarraya.blogspot.com/2010/03/alamat-alamat-makloon.html
(Selected Reading: Peluang Usaha, Edisi 13, 03-16 Maret 2010, halamana 13-15)

1 komentar:

  1. Salam Sukses.

    Kami dari CV. CARPILLUCI BANGKIT SEJAHTERA
    carpilluci09@yahoo.com
    6285881478776
    62284 - 321622

    http://indonetwork.co.id/carpilluci

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=381081379#post381081379

    BalasHapus